SISWA XI IPA 2 DINYATAKAN NAIK KELAS 100% * NILAI TERTINGGI XI IPA 2 YAITU JUSTANG DENGAN RATA-RATA 8,04 * PERINGKAT 1 : JUSTANG, PERINGKAT 2 : ISWANDI, PERINGKAT 3 : JUNAID AHMAD * LIBUR TANGGAL 28 JUNI S/D 10 JULI * SEKOLAH KEMBALI DIBUKA PADA TANGGAL 11 JULI 2011 Exact 2 Man 1 Watampone: Abu Cile Membuat Gerhana Bulan Lebih Merah

Sabtu, 18 Juni 2011

Abu Cile Membuat Gerhana Bulan Lebih Merah

Exact2 Manza Pengamatan gerhana bulan total dari Observatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat, mengidentifikasi bulan berwarna lebih merah pada masa puncak. Peneliti akan mengkonfirmasi perubahan warna ini dengan menelusuri uraian cahaya yang diambil dari spekstroskop.

"Pada saat puncak, warna bulan lebih merah dibandingkan gerhana sebelumnya, kemungkinan karena abu vulkanik dari Cile," ujar Direktur Observatorium Bosscha Hakim L. Malasan kepada Tempo, Kamis 16 Juni 2011.

Pada gerhana bulan kali ini, Observatorium Bosscha mengerahkan spekstroskop, alat pembias cahaya untuk mengetahui tingkat kemerahan permukaan bulan saat puncak gerhana. Alat ini akan memberikan tingkat warna permukaan bulan secara kuantitatif.

Tak hanya mengukur warna bulan, lima kelompok pengamat melakukan peneropongan terpisah di kawasan Observatorium Bosscha. Kelima kelompok menggunakan teleskop portabel dan kamera digital untuk mengabadikan tahapan gerhana. Namun, kendala cuaca menyebabkan proses gerhana tidak bisa dilihat sepenuhnya. "Hanya 30 persen tahapan gerhana yang bisa dilihat. Beruntung kami bisa melihat momen totalitas," ujarnya.

Observatorium Bosscha juga menyediakan layanan live streaming gerhana melalui laman resminya. Terdapat empat kota yang menayangkan gerhana bulan, yaitu Lhoknga, Pekanbaru, Bandung, dan Tenggarong. Dari keempat wilayah tersebut hanya Tenggarong yang bisa menyaksikan keseluruhan proses gerhana.

Gerhana bulan total hari ini merupakan yang terpanjang dalam satu dekade. Bulan bersembunyi di dalam bayangan bumi selama 100 menit atau hanya berselisih 7 menit dari durasi maksimal. Gerhana ini bisa disaksikan dari seluruh wilayah Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar Facebook