SISWA XI IPA 2 DINYATAKAN NAIK KELAS 100% * NILAI TERTINGGI XI IPA 2 YAITU JUSTANG DENGAN RATA-RATA 8,04 * PERINGKAT 1 : JUSTANG, PERINGKAT 2 : ISWANDI, PERINGKAT 3 : JUNAID AHMAD * LIBUR TANGGAL 28 JUNI S/D 10 JULI * SEKOLAH KEMBALI DIBUKA PADA TANGGAL 11 JULI 2011 Exact 2 Man 1 Watampone

Sabtu, 27 Agustus 2011

Exact2 Manza - Kapal Motor Penumpang (KMP) Windu Karsa yang bertolak dari Pelabuhan Bajoe Sulawesi Selatan dini hari kemarin tenggelam di perairan Teluk Mekongga sekitar Pulau Lambasiana Besar,Kolaka, Sulawesi Tenggara atau 11 mil sebelum Pelabuhan Kolaka. 


Peristiwa yang terjadi pada pukul 00.45 Wita tersebut menewaskan 12 orang,sedangkan 93 orang selamat. Dugaan sementara, peristiwa nahas ini disebabkan cuaca buruk yang terjadi di perairan Kolaka. Petugas menduga, kapal tenggelam setelah dihantam gelombang tinggi dan angin kencang.

“Kita lihat dari posisi kapal tenggelam, kemungkinan nakhoda kapal Muhammad Rizal ingin mengandaskan kapalnya di Pulau Lambasiana, tetapi gagal,”kata Kepala Syahbandar Pelabuhan Bajoe Andi Abbas kemarin. 

Andi menjelaskan, saat menerima informasi melalui radio komunikasi,dia langsung memberi sinyal kepada semua kapal yang berlayar di sekitar lokasi tenggelamnya kapal.Berselang 30 menit,datang KMP Mishina, MP Citra Mulia, KMP Cintra Mandala Abadi, KMP Marina Baru 2,serta KMP Tuna.

Lima kapal ini yang melakukan evakuasi korban selamat dan tewas. Menurut Andi, sebelum berangkat, kapal berbobot GT (grose tonase) atau isi kotor 1.376 ton, panjang 49,66 meter, lebar 16,20 meter, serta dalam 380 meter ini sudah diperiksa maritime instructor machine serta maritime instructor deck dan dinyatakan laik laut. 

Kapal milik PT Bukaka Lintas Tama yang merupakan perusahaan milik mantan Wapres Jusuf Kalla ini pada Juli 2011 baru pulang docking di Surabaya. Jumlah penumpang dan awak kapal yang ditemukan kemarin mencapai 105. Belum diketahui berapa orang yang masih hilang karena jumlah penumpang di manifes dan yang menaiki kapal terdapat perbedaan. 

Dalam manifes kapal yang bertolak dari Pelabuhan Bajoe pada Jumat (26/8) pukul 14.25 Wita tercatat ada 57 penumpang, 20 kendaraan roda empat, dan 5 sepeda motor, barang 236 ton. Adapun penumpang yang ditemukan hingga kemarin 105 orang. Pihak ASDP belum bisa memberikan komentar mengenai kelebihan penumpang yang tidak sesuai dengan manifes kapal buatan Jepang tahun 1980 ini. 

Kepala ASDP Andi Mashuri kemarin pagi bertolak ke Kolaka dan terlibat langsung dalamprosespencariankorban. Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan(KKP) Bajoe Imran Ruslan mengatakan, semua korban meninggal dan lukaluka sudah ditangani KKP Kolaka, untuk selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Kolaka. 

Sementara Kepala Syahbandar Kolaka, Sainuddin, yang dihubungi melalui telepon mengatakan,proses evakuasi sementara dilanjutkan dengan mengerahkan tiga unit kapal feri, satu di antaranya KMP Merak yang bertolak dari Pelabuhan Bajoe. Selain KMP Merak, ada juga KMP Tuna sementara melakukan pencarian terhadap korban. 

Di antara penumpang yang terdaftar dalam manifes Kapal Windu Karsa, terdapat Wakil Bupati Kolaka Utara Hj Suria. Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi mengenai keberadaan pejabat Kolaka Utara ini. Namanya tidak terdaftar dalam penumpang yang selamat. Menteri Perhubungan Freddy Numberi curiga telah terjadi kelebihan muatan pada KMP Windu Karsa sehingga tenggelam. 

Sambil memaksimalkan evakuasi, pihaknya sedang menerjunkan tim untuk menyelidiki apakah benar dugaan over capacity operasional kapal tersebut. “Mungkin itu over capacity, saya curiga itu over capacity,harusnya mengangkat 40, tapi angkat 60,” kata Fredy pada acara Mudik Bareng Partai Demokrat di Kemayoran,Jakarta, kemarin. 

Menurut Menhub, dirinya segera meminta laporan dari Basarnas Makassar untuk mendapatkan info perkembangan terakhir kecelakaan secara real time. Dia menyatakan sampai saat ini masih ada beberapa korban yang belum ditemukan. Karena itu,untuk jumlah pastinya, Menhub belum mengetahuinya secara persis. yos naiobe/rahmat sahid 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar Facebook