SISWA XI IPA 2 DINYATAKAN NAIK KELAS 100% * NILAI TERTINGGI XI IPA 2 YAITU JUSTANG DENGAN RATA-RATA 8,04 * PERINGKAT 1 : JUSTANG, PERINGKAT 2 : ISWANDI, PERINGKAT 3 : JUNAID AHMAD * LIBUR TANGGAL 28 JUNI S/D 10 JULI * SEKOLAH KEMBALI DIBUKA PADA TANGGAL 11 JULI 2011 Exact 2 Man 1 Watampone: 42.120 Siswa SD Sederajat Ikut UN

Selasa, 10 Mei 2011

42.120 Siswa SD Sederajat Ikut UN

Exact2 Manza - 42.120 siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) serta Sekolah Luar Biasa (SLB) negeri dan swasta se-Kota Medan, mengikuti Ujian Nasional (UN), yang dimulai, kemarin (10/5) dan berlangsung selama tiga hari hingga, Kamis (12/5) besok.
Untuk jumlah sekolah sebanyak 823 sekolah, terdiri dari 693 sekolah dan 77 sekolah yang tergabung. Untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah sebanyak 37 sekolah dan yang bergabung 9 sekolah. Untuk Sekolah Luar Biasa (SLB) sebanyak 5 sekolah. Ruang kelas yang dipergunakan sebanyak 2.489 ruangan, sementara jumlah pengawas sebanyak 4.978 pengawas.
Materi ujian hari pertama yakni mata pelajaran Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika dan hari ketiga adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Muatan UN untuk tingkat SD sederajat terdiri dari 75 persen materi ujian dari provinsi dan 25 persen dari pusat.
Bagi siswa yang tidak bisa hadir atau absen dikarenakan sakit atau alasan tertentu, bisa mengikuti ujian susulan yang dilaksanakan mulai Rabu (18/5) hingga Jumat (20/5) pekan depan.
Wali Kota Medan, Rahudman Harahap meninjau pelaksanaan UN di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 060884 Jalan Gajah Medan, yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah, Abdul Gani, Selasa (10/5).
Abdul Gani sendiri menjelaskan, untuk siswa yang mengikuti ujian di SD yang dipimpinnya tersebut sebanyak 111 siswa.
Sementara itu, sejumlah anggota DPRD Medan juga turut melakukan tinjauan pelaksanaan UN tingkat SD di beberapa titik. salah satunya di SDN 067098 Kecamatan Medan Timur. Menurut pengakuan Kepala Sekolah, Dermina Silaban yang menerima kunjungan anggota dewan tersebut, ada siswa yang awalnya tidak hadir karena tidak mengetahui adanya UN. Ketika dijemput ke rumahnya, ternyata orang tua siswa yang bersangkutan juga tidak tahu bahwa hari itu ada pelaksanaan UN.
“Padahal sudah dua minggu ini kita memasang spanduk pemberitahuan pelaksanaan UN di depan sekolah,” terang Dermina.
Dermina juga mengakui bahwa pihaknya tidak ada melakukan sosialisasi khusus kepada orangtua tentang UN, hanya sebatas melalui spanduk pemberitahuan.
Ketua Komisi B DPRD Medan, Roma P Simare-mare menyesalkan hal itu bisa terjadi. Karena dapat dipastikan, siswa tersebut tidak melakukan persiapan dalam menghadapi UN.
Di Kecamatan yang sama, anggota Komisi B DPRD Medan juga memantau pelaksanaan UN di SDN 060879 dan SDN 060868. Dari pantauan tersebut, secara umum dipastikan pelaksanaan UN hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia berjalan tenang dan lancar. Dimana tepat pukul 06.00 WIB, naskah soal dan Lembaran Khusus Jawaban (LKJ) sampai di Kantor Dinas Pendidikan Kecamatan Medan Timur yang kantornya satu lokasi dengan SDN 060879, SDN 060868 dan SDN 067098. Begitu juga tidak ditemukan adanya kekurangan naskah soal maupun LKJ, dan tim pengawas UN bertugas dengan baik.
“Pengawas yang bertugas lengkap dan sejauh ini tidak ada kekurangan naskah soal dan LKJ, termasuk kita tidak melihat adanya penggunaan soal ujian foto kopi seperti saat UN SMP dan SMA yang lalu,” ujar Roma yang didampingi sejumlah anggota Komisi B lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar Facebook